fbpx

Virtual office tampaknya kian berkembang seiring dengan semakin banyaknya pebisnis startup yang bermunculan pun dengan munculnya wabah virus corona yang semakin meningkat yang mengharuskan untuk kerja dari rumah serta semakin galaknya sistem remote working. Sebenarnya, apasih virtual office itu?

Virtual Office

 

Apa itu Virtual Office?

Menurut Wikipedia, Virtual Office adalah ruang kerja yang berlokasi di internet, dimana para anggota tim dapat saling berhubungan menggunakan lingkungan kerja digital tanpa harus memiliki lokasi “fisik”. Para penyewa nantinya hanya memiliki alamat legal bisnis dari kantor tersebut saja, tidak memiliki ruangan fisik tetapi bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh penyedia virtual office tersebut. Munculnya tren virtual office ini tentu dapat menguntungkan para pebisnis karena akan adanya pengurangan biaya dari segi kebutuhan kantor secara fisik sehingga akan sangat menghemat biaya operasional serta administrasi perkantoran.

Virtual office ini menjadi tren di kalangan pebisnis khususnya bagi para perusahaan yang membutuhkan kantor perwakilan maupun pemilik startup. Bagi pemilik startup yang baru saja berdiri, kehadiran virtual office setidaknya bisa mengurangi permasalahan dari segi efisiensi anggaran dalam hal penyewaan gedung perkantoran. Kesan fleksibel pada virtual office juga ini memudahkan para penyewa sehingga bisa bekerja dengan aman dimana saja dan kapan saja.

Sebagai salah satu produk yang ditawarkan oleh Cradle Space, apa saja sih fasilitas yang didapatkan dengan menyewa virtual office?

Fasilitas Virtual Office

  1. Memiliki alamat kantor legal serta bergengsi yang berada di lingkungan bisnis tentu akan meningkatkan kredibilitas dan memberikan citra perusahaan yang bonafit.
  2. Dokumen, surat dan paket yang ditujukan untuk perusahaan penyewa akan ditangani dengan baik oleh staf penyedia virtual office yang akan memberikan notifikasi pun penyewa bebas mengambilnya kapan saja. Phone handling juga akan ditangani oleh staf yang akan membantu penyewa untuk menjawab telepon masuk ke nomor perusahaan.
  3. Ruang meeting yang telah didesain secara modern dengan kesan warm and cozy untuk kegiatan meeting yang lebih nyaman dan fokus disertai dengan fasilitas yang diberikan seperti proyektor, high speed WiFi, kopi, dan lain-lain.
  4. Membantu pengurusan PKP dan dokumen legal lainnya agar perusahaan penyewa sesuai dengan peraturan pemerintah lokal dan meningkatkan peluang kerja sama bisnis.

Siapa sajakah yang cocok dengan Virtual Office?

Virtual Office

Salah satu alasan tingginya penggunaan virtual office adalah karena para pelaku usaha tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli ataupun menyewa gedung perkantoran. Fasilitas dan keuntungan yang diberikan juga sangat menunjang berbagai kebutuhan dari para penyewa. Namun, tak semua jenis usaha diperbolehkan menggunakan Virtual Office, lho.

Dilansir dari kumparan.com, hingga saat ini belum ada aturan yang mengatur secara spesifik mengenai virtual office di Indonesia. Namun, terdapat aturan pendukung seperti SE BPTSP DKI Jakarta No. 06/SE/2016 tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili dan Izin-izin Lanjutannya Bagi Pengguna Virtual Office dan Permenkeu No. 147/PMK.03 tahun 2017 tentang Tata Cara Pendaftaran Wajib Pajak dan Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak serta Pengukuhan Pencabutan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

Hmm, jadi apa saja sih jenis usaha yang cocok menggunakan Virtual Office?

1. Pelaku Startup

Para pekerja startup yang masih sangat pemula biasanya hanya berisi 2-5 karyawan sehingga tidak terlalu memerlukan kantor secara fisik dikarenakan mereka bisa bekerja remote dimana saja. Namun, meskipun begitu perusahaan rintisan tetap membutuhkan layanan kantor virtual sebagai salah satu identitas agar menunjang citra sebagai tim yang kredibel.

2. Kantor Hukum

Virtual office juga cocok untuk seseorang yang baru memulai praktik sebagai pengacara, karena dengan fasilitas yang lengkap dan murah, pengacara bisa mendapatkan kantor hukum yang profesional. Saat ini, kebanyakan jasa pengacara menggunakan sistem kerja berbasis virtual office karena lebih efisien dan tidak butuh modal besar untuk memiliki ataupun menyewa kantor. Meskipun begitu, tetap bisa meningkatkan produktivitas kerja serta memudahkan para pengelolanya.

3. Jasa Konsultasi dan Konseling

Konsultan maupun konseling merupakan pekerjaan di bidang jasa yang tidak terikat, memiliki izin praktik secara pribadi dan pengajuan izin diajukan tergantung jasa konsultasi yang disediakan. Pekerjaan jenis ini biasanya lebih sering menggunakan sistem kerja remote dan hanya membutuhkan kantor ketika bertemu klien sehingga menyewa sebuah virtual office tentu menjadi pilihan yang tepat agar lebih fleksibel serta efisien.

Menarik, bukan? So, Tunggu apalagi! Segera miliki Virtual Office disini ⬇⬇

Cradle Space Virtual Office